Senin, 23 Agustus 2010

UPACARA HUT PRAMUKA Ke-49 BERLANGUNG HIKMAD

Oleh: H. Kak Didik S.Wahyudi
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo menggelar acara kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Pramuka ke – 49 pada tanggal 13 Agustus 2010 berlangsung di lapangan Volly Ball dilingkungan Kantor BKD Kabupaten Probolinggo.

Acara dikemas sedemikian rupa didahului dengan buka puasa bersama, sholat magrib, Isya dan sholat tarawih berjama’ah, yang dilanjutkan dengan upacara Hari Pramuka ke – 49. Didahului dengan prosesi Ulang Janji Pramuka yaitu pengucapan “ TRI SATYA “. Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh Pengurus Kwarcab, Ka.Mabiran (Camat), Kepala Satuan Kerja dilingkungan Pemda, Ka.Kwarran se-Kabupaten Probolinggo dan pasukan upacara yang terdiri dari Pengurus DKC, Brigade Penolong 13.13, ex.Peserta LT IV dan SLB Kraksaan.

Bertindak selaku pembina upacara adalah Sekretaris Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo (Drs. H. KUSNADI, M.Si) yang membacakan amanat Bupati Probolinggo, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo yang berisi antara lain :
  1. Sgar pengembangan gerakan pramuka dilaksanakan melalui pendidikan dari usia dini sampai usia dewasa dengan menggunakan sistem pendidikan kepramukaan yang disesuaikan dengan kondisi dan potensi yang ada dan selaras dengan perkembangan generasi muda pada khususnya dan pembangunan daerah pada umumnya.
  2. Saya menyambut baik saat ini pendidikan kepramukaan telah pula menjadi satu kegiatan yang disukai tidak hanya disekolah umum tetapi telah pula sampai pendidikan khusus yaitu di pondok-pondok pesantren, hal ini terbukti salah satu anggota pramuka dipondok Pesantren Zainul Hasan Genggong telah mewakili Probolinggo Jawa Timur dan Indonesia dalam pertemuan pramuka dunia di kenya afrika (Scout Moot Kenya), selain itu saya juga menyambut baik dengan telah terselenggaranya Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar Khusus Putri bagi Pondok Pesantren oleh Kwartir Cabang dengan jajaran Kementerian Agama Kabupaten Probolinggo.
    Penyematan tanda penghargaan oleh Drs. H. KUSNADI, M.Si
  3. nggota Pramuka diharapkan menghayati dan melaksanakan Satya Darma Pramuka sehingga dapat mempersiapkan diri menjadi kader Bangsa yang tangguh, berkeperibadian dan berakhlaqul karimah. Dalam acara upacara tersebut dilaksanakan pula penyematan Bintang Wiratama III dan TPOD (Tanda Penghargaan Orang Dewasa) bagi 68 orang Pembina, Pelatih, Pengurus Kwartir Ranting oleh Pembina Upacara.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Drs. H. IBRAHIM MUHAMMAD, M.Si) dalam kesempatan upacara tersebut ditemui menyampaikan bersyukur bahwa disamping upacara berjalan dengan baik dan hikmad Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo tahun 2010 ini cukup memperoleh prestasi yang dapat dibanggakan yaitu : Juara II Cerdas Cermat, Juara III PPGD dalam event Giat Prestasi Penegak/Pandega Jawa Timur, Juara II Teknik Kepramukaan untuk Pramuka SLB Kraksaan dalam lomba Tingkat Jawa Timur dan Prestasi dibidang lomba Pidato dan pengolahan daur ulang dalam Lomba Tingkat IV Jawa Timur.

Tidak ada komentar: