Sabtu, 21 Agustus 2010

Mabicab, Kwarcab dan BPK Gerakan Pramuka Kab. Probolinggo Dikukuhkan



Reporter : Dody Kasman
PROBOLINGGO - Sebagai tindak lanjut hasil Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo Tahun 2009 beberapa waktu lalu, Selasa (4/8) digelar acara pengukuhan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo masa bakti 2009-2014.

Para pengurus Mabicab, Kwarcab dan BPK tersebut dikukuhkan oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Propinsi Jawa Timur A.R. Purwadi di Pendopo Kabupaten Probolinggo.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Wakil Bupati Probolinggo Salim Qurays, S.Ag, Ketua DPRD Timbul Prihanjoko, Kepala Kejaksaan Negeri Kraksaan Syahpuan, Ketua Pengadilan Negeri Kraksaan Subiyantoro, Sekretaris Daerah Kusnadi, Kepala Kantor Departemen Agama Sirajuddin, beberapa kepala satuan kerja dan camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Umumnya para pejabat yang hadir siang itu turut dilantik sebagai pengurus Mabicab, Kwarcab dan BPK Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo.

Pada sambutannya usai mengukuhkan pengurus yang baru, A.R. Purwadi berharap pengukuhan yang dilaksanakan tersebut dapat memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat bagi pengurus yang baru dalam mengembangkan gerakan Pramuka di Kabupaten Probolinggo agar dapat memberikan sumbangan berarti bagi masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Purwadi mengakui bahwa Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo telah menjadi barometer kegiatan Pramuka khususnya di wilayah timur Propinsi Jawa Timur. “Lakukan kegiatan-kegitan yang menyentuh langsung kepada kepentingan masyarakat. Tentukan program-program prioritas yang paling strategis untuk dilaksanakan terlebih dahulu di lapangan”, ujarnya. Selain itu program kerja yang disusun agar lebih banyak pada kegiatan pengabdian masyarakat dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat.

Sementara itu Wabup Salim Qurays yang membacakan sambutan Bupati usai dikukuhkan sebagai Wakil Ketua Mabicab mengharapkan perkembangan pendidikan kePramukaan lebih inovatif sehingga selaras dengan perkembangan remaja saat ini. “Oleh karena itu perlu koordinasi yang baik antara unsur Mabicab dan Kwarcab dengan satuan kerja terkait serta jajaran Gerakan Pramuka di Kwartir Ranting”, ujar Wabup Salim.

Kepengurusan Mabicab dan Kwarcab yang baru dilantik tersebut umumnya diisi oleh jajaran Muspida dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo. Duduk sebagai Ketua Mabicab Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si (Bupati Probolinggo). Wakil Ketua dipercayakan kepada Salim Qurays, S.Ag, Wakil Ketua 2 Drs. Timbul Prihandjoko (Ketua DPRD) dan Sekretaris Mabicab Kusnadi (Sekretaris Daerah). Selain itu masih terdapat 19 orang anggota Mabicab yang terdiri dari pejabat Muspida dan beberapa kepala satuan kerja. Susunan pengurus Mabicab tersebut ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Nomor 58 Tahun 2009 tentang Pengurus Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Masa Bhakti 2009-2014.

Untuk pengurus Kwarcab, masih didominasi wajah-wajah lama. Jabatan Ketua Kwarcab masih dipercayakan kepada Ibrahim Muhammad, Wakil Ketua bidang Abdimas dan Humas Abdul Aziz, Wakil Ketua bidang Organisasi dan Hukum Sudjono, Wakil Ketua bidang Keuangan, Sarana dan Prasarana Wahid Nurrahman, wakil Ketua bidang Binawasa Doddy Nur Baskoro dan Wakil Ketua Binamuda Rindoeng Soendoro. Sedangkan jabatan Sekretaris Kwarcab dipercayakan kepada Didik Slamet Wahyudi. Susunan pengurus Kwarcab ditetapkan dengan Keputusan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Nomor 59 Tahun 2009 tentang Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Probolinggo Masa Bhakti 2009-2014.

Selain pengurus Mabicab dan Kwarcab, juga dikukuhkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo dengan kepenguruan sebagai berikut. Jabatan Ketua dipercayakan kepada R. Achmad Fauzie dibantu dua orang anggota yakni Ummu fatmah dan Sumadji. BPK tersebut dibentuk oleh Mabicab dan mempertanggungjawabkan pelaksnaan tugasnya kepada Mabicab.(d0d)

Teks Foto : Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Propinsi Jawa Timur A.R. Purwadi saat mengukuhkan Mabicab, Kwarcab dan BPK Gerakan Pramuka Kab. Probolinggo

Tidak ada komentar: